Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja
Nama : Kartika Diva Asmara Gita
NRP : 5025211039
Kelas : PBKK - A
Tahun : 2023
Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja
Jawaban : Berdasarkan referensi jurnal Perancangan Aplikasi E-CommerceBerbasis Website, studi kasus untuk Final Project kali ini adalah membuat Clothes Showroom. Dengan ini pelanggan dapat membeli produk secara mudah dan cepart. Selain itu, pemilik usaha juga dapat lebih mudah mengelola setiap transaksi dan dapat mempromosikan produk kepada pelanggan tanpa batasan wilayah.
- Model (manajemen database)
- Produk Model:
- representasi tabel produk dari database yang menyimpan informasi produk seperti ID, nama, deskripsi, warna & ukuran produk, harga, dan gambar.
- User Model:
- representasi tabel user dari database yang menyimpan informasi pelanggan seperti ID, nama, alamat, nomor telepon, email, dan password.
- Checkout Model:
- representasi tabel checkout dari database yang menyimpan informasi pesanan yang dilakukan oleh pelanggan.
- Detail Model:
- representasi tabel detail dari database yang menyimpan informasi detail pesanan yang dilakukan oleh pelanggan.
- Admin Model:
- representasi tabel admin dari database yang menyimpan informasi admin seperti ID, nama, email, dan password.
- View (tampilan atau antarmuka pengguna)
- Dashboard : Menampilkan halaman untuk katalog produk dan detail produk.
- Menampilkan halaman untuk proses belanja dan pembayaran produk.
- Menampilkan halaman untuk melihat riwayat pembelian.
- Controller (pengendali aplikasi)
- User Controller: menangani logika terkait manajemen crud pelanggan.
- Produk Controller: menangani logika terkait manajemen crud produk.
- Checkout Controller: mengelola proses pemesanan, termasuk memilih warna dan ukuran item, serta memilih metode shipment dan pembayaran, sekaligus konfirmasi pesanan.
- Detail Controller: menangani proses detail pesanan, termasuk verifikasi pembayaran dan pengelolaan status pembayaran.
2. Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi!
Jawaban :
Berikut spesifikasi kebutuhan perangkat lunak dan struktur menu untuk Admin:
- Manajemen User: Pembaruan dan pengelolaan user.
- Manajemen Produk: Pembaruan dan pengelolaan produk.
- Manajemen Checkout: Pembaruan dan pengelolaan pemesanan produk dan histori.
Berikut spesifikasi kebutuhan perangkat lunak dan struktur menu untuk Pelanggan:
- Katalog Produk: Menampilkan daftar produk dengan gambar, nama, dan harga.
- Keranjang Pemesanan: Menampilkan formulir pemesanan terkait warna dan ukuran produk serta metode shipment dan pembayaran yang digunakan.
- Riwayat Pemesanan: Menampilkan daftar transaksi pemeblian produk yang telah dilakukan sebelumnya.
3. Rancang desain database-nya!
Jawaban :
- Tabel Produk: Tabel ini akan menyimpan informasi tentang produk, seperti nama produk, deskripsi, warna, ukuran, harga, dan gambar.
- Tabel User: Tabel ini akan menyimpan informasi tentang pelanggan, seperti nama, alamat, nomor telepon, email, dan password.
- Tabel Checkout: Tabel ini akan menyimpan informasi tentang pesanan, seperti nomor pesanan, tanggal pesanan, metode pengiriman dan pembayaran.
- Tabel Detail: Tabel ini akan menyimpan detail informasi tentang pesanan, seperti detail produk apa saja yang dibeli dalam sekali transaksi oleh pelanggan.
- Tabel Admin: Tabel ini akan menyimpan informasi tentang admin, seperti nama, email, dan password.
4. Buat desain front-end!
Jawaban :
Figma : UI Design
- Landing Page
5. Implementasikan rancangan yang sudah dibuat menggunakan Framework NET, CI ataupun Framework Google!
Jawaban :
Repo Github : Program Reality Store
- Login Admin & User
- Admin
- CRUD Produk
- CRUD User
- Read Daftar Checkout & Detail Produk Pesanan
- Checkout List
- Detail List
6. Dokumentasikan dalam bentuk video!
Link Youtube : Demo Reality Store
Comments
Post a Comment